Friday, February 17, 2017

Peluang Bisnis Distro

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
“Bisnis Distro”




Nama : Taufiqurrohman
Kelas : 16-S1SI-05
NIM : 16.12.9301
Kelompok : E



UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2017/2018



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT, atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini. Karya ilmiah ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir dari kuliah Bisnis.

Dorongan dari orang tua saya dan juga tidak lupa dukungan dari teman-teman saya yang begitu besar sehingga saya bisa menyelesaikan tugas karya ilmiah lingkungan bisnis ini dengan tepat waktu.Sehingga saya mengucapkan banyak terimakasih untuk semuanya.

Saya sadar bahwa karya ilmiah peluang bisnis distro ini masih jauh dari sempurna, maka saran dan kritik yang membangun dari pembaca amatlah saya harapkan demi sempurnanya karya ilmiah peluang bisnis distro ini.Semoga karya ilmiah lingkungan bisnis ini dapat bermanfaat dan dipakai sebagai bahan referensi yang dapat memberikan wawasan luas dalam bisnis.



BAB I

ABSTRAK

 Bisnis kaos distro di Indonesia semakin menjamur dari tahun ke tahun, industry kreatif tanah air ini tidak pernah lekang oleh waktu. Ini semua disebabkan banyak faktor yang menjadikan distro sebagai impian pertama anak muda untuk berbisnis. Akan tetapi, lahan usaha yang sudah semakin ramai, menjadikan para pebisnis distro harus pintar pintar mencari strategi agar roda usaha nya tidak terlindas oleh pesaing nya. Usaha distro di Indonesia, menjual t-shirt dengan desain yang bervariasi. Tergantung dari tema atau konsep yang dianut dari distro tersebut. Ada yang berkonsep dari music, bola, skate, pantai,anime, sampai berkonsep batik.
            Bisnis ini memang memiliki peluang yang baik. Masih banyak orang yang menjadikan T-shirt sebagai cendera mata atau pakaian kasual yang memang cocok untuk iklim negara kita. Mari kita belajar dari pebisnis yang berhasil dalam bidang ini. Sebut saja Dagadu dari Yogya,Joger dari Bali dan C-59 dari Bandung. Salah satu keberhasilan mereka adalah karena mereka memiliki desain yang original dan mempunyai ciri khas.Kunci sukses dalam bisnis sablon kaos ini adalah desain. Untuk itu perlu menciptakan desain-desain yang baik dan unik agar menempati posisi yang baik di mata konsumen. Ini penting jika memang ingin membangun brand atau merek sendiri.




BAB II
PEMBAHASAN
            Bisnis kaos distro semakin hari semakin menggiurkan. Ibarat kata, kaos distro merupakan komoditas barang dagangan yang laris manis di pasaran. Kebutuhan fashion yang unik dan memiliki ciri khas identitas menjadi salah satu alasan mengapa kaos distro ini banyak diburu para penggemarnya. Kaos distro dengan desain kreatif dan selalu berganti menjadi daya tarik yang sulit untuk ditolak bagi para penggemarnya. Karena banyaknya penggemar kaos-kaos distro di indonesia, maka banyak pula tercipta peluang-peluang bisnis yang sangat menggiurkan yang berhubungan dalam berbisnis kaos distro. Berikut ini akan saya jelaskan sedikit tentang peluang-peluang dalam berbisnis kaos distro.


Peluang dalam Bisnis Kaos Distro :

  •  Sebagai Reseller

            Sebagai reseller anda tidak memerlukan modal sepeser pun untuk memulai bisnis kaos distro. Anda hanya perlu memiliki sebuah laman toko online atau sosial media untuk sarana berjualan/mempromosikan produk. Dalam sistem reseller anda tidak pernah memiliki stok barang sehingga kerugian barang tidak laku dapat dihindari. Dalam sistem ini anda berperan sebagai penghubung antara pembeli dan pemilik barang. Jadi, dapat dikatakan untuk memulai bisnis dengan cara sebagai reseller tidak diperlukan modal awal alias hanya bermodalkan nol rupiah.

  • Memiliki Distro sendiri dengan sistem titipan

            Yang kedua, jika anda berniat memiliki toko distro offline, dalam bisnis kaos distro terdapat juga sistem titipan. Kebanyakan distro menerapkan sistem ini. Jadi, kaos yang dipajang pada display toko merupakan kaos distro titipan dan sistem pembayarannya dilakukan sesuai dengan berapa banyaknya barang yang berhasil dijual. Modal awal yang diperlukan dalam sistem ini relatif agak besar karena anda harus memiliki sebuah toko atau distro. Pemilihan letak dan desain bangunan distro juga hal yang harus menjadi pertimbangan. Setelah memiliki tempat, anda tinggal menawarkan kepada para pemilik brand untuk menitipkan produknya pada distro yang anda miliki. Kerugian terkait kemungkinan barang yang tidak laku juga dapat dihindari karena pembayaran dilakukan setelah produk terjual. Jadi, untuk stok barang anda juga tidak mengeluarkan modal sepeser pun. Meskipun begitu, penjualan yang baik akan meningkatkan kepercayaan para pemilik brand. Distro yang laris akan menjadi incaran para produsen.  Milikilah tempat usaha yang dapat menarik banyak  pelanggan sehingga bisnis anda akan semakin kuat.

  • Pemilik kaos Distro secara keseluruhan

            Cara yang ketiga adalah dengan cara konvensional. Sebagai pemilik bisnis kaos distro, anda akan melakukan pembelian kaos distro. Modal awal yang diperlukan tentu saja bergantung kepada berapa banyak kaos distro yang anda ingin jual pada awal bisnis. Sebagai acuan, rata-rata harga kaos distro yang dibeli dalam partai besar berkisar antara Rp 50.000; hingga Rp 90.000; per itemnya. Jadi anda dapat memperkirakan berapa besarnya modal awal yang diperlukan. Dengan cara ini anda harus memiliki kejelian melihat selera pasar agar produk dagangan anda dapat segera laku terjual.






0 comments:

Post a Comment